TIPS SEHAT SEBELUM TIDUR

Sekian dari banyak orang, semakin sering orang-orang untuk  tidur. Terlebih bagi kamu yang sudah menginjak ke masa perkuliahan. Akibat seharian banyak aktivitas dan  tugas yang tertumpuk banyak dan hanya bisa dikerjakan malam hari. Mau tidak mau, esok pagi harus segar lagi. Tenang guys kali ini kami punya tips nya nihh.

  1. Mandi Air Hangat.

Terdengar begitu konyol dan manja bener ga gengs ? tapi, disamping itu ada efek yang bagus juga lho buat tubuh kita sebagai aktivis. Ketika tubuh merasakan lelah dan butuh istirahat, salah satu obatnya ialah dimanjakan dengan mandi air hangat. Karena dengan airnya yang hangat, otot-otot ditubuh yang tadinya tegang dan kencang akan menjadi relax dam lemas kembali. Maka dari itu sehabis mandi air hangat tubuh akan merasa ingin cepat istirahat sehingga kamu cepat untuk tidur yeayy

  1. Mendengarkan music

Mendengarkan musik memang sudah biasa didengarkan oleh kalangan remaja dan ABG. Tapi mendengarkan musik yang satu ini berbeda yaa. Sebaiknya musik yang didengarkan sebelum tidur ialah musik yang berirama mellow dan menenangkan hati serta pikiran. Namun untuk mendengarkannya dilarang menggunakan volume yang keras yaa guys. Karena terlalu keras suara musik pun tidak baik untuk alat pendengaran kita. Toh yang berlebihan itu memang tidak baik yaa ^^.

  1. Membaca Novel atau buku

Kebiasaan yang sekarang sering dilakukan ialah sebelum tidur membaca pesan dari handphone atau juga memainkannya. Sebenarnya hal tersebut jika dilakukan terlalu sering tidak baik lho guys. Karena cahaya dari handphone tidak baik untuk kesehatan mata kita. Nahh mending seblum tidur membaca novel atau buku pelajaran yang besok akan dipelajari. Dengan membaca, otak kita akan terangsang untuk tidur karena dengan seharian banyak aktivitas, dan malamnya membaca itu akan menjadikan kamu lebih cepat untuk tidur. Selain itu juga toh kamu jadi dapet ilmunya juga kann hihi

 

Nahh, mungkin baru ada 3 tips nihh dari kita. Dan jangan lupa, hal yang terpenting yang harus dilakukan sebelum tidur ialah “Berdo’a”. karena tidur merupakan istirahat sejenak dan dimana keadaan roh kita kembali pada sang pencipta. Yang mana jika kita berdo’a dahulu sebelum tidur berarti kita pasrahkan diri kepada-Nya dan semoga selalu diberikan yang terbaik lagi untuk menjalankan hari selanjutnya

TIPS DIET SEHAT

Tips diet sehat berikut ini tidak akan membuat Anda tersiksa karena harus menahan lapar seharian. Justru jika Anda tidak makan sekali atau hanya makan sekali dalam sehari maka metabolisme tubuh dapat melambat. Akibatnya proses pembakaran lemak juga melambat sehingga beresiko menumpuk lemak lebih besar dalam tubuh.
Banyak orang yang masih keliru mengartikan diet. Sehingga bukan badan yang langsing yang didapatkan, namun justru penyakit yang datang. Berikut ini beberapa tips diet sehat yang baik dan benar untuk membantu menurunkan berat badan dengan cara mudah.

Tips Diet Sehat

b

copyright : http://www.berkeleywellness.com

 

1. Jangan Lupakan Sarapan

Sarapan pagi sangat penting sebagai sumber energi utama. Jika Anda melewatkan sarapan, maka dapat memicu untuk makan lebih banyak dan ngemil sembarangan. Namun karena sedang diet, jadi hindari makanan berlemak tinggi. Mulai sarapan dengan setangkup roti gandum panggang isi dadar 1 butir telur, ditambah 1 mangkuk salad. Atau bisa menggunakan menu alternatif lain seperti 100 gram nasi dengan 1 potong ikan ditambah 1 mangkuk sayur.

2. Percepat Waktu Sarapan Pagi

Jika biasanya Anda sarapan pagi jam 09.00, sebaiknya mulai sekarang majukan sarapan Anda pukul 07.00 agar proses pembakaran energi dimulai lebih cepat.

3. Perbanyak Makan

Diet bukan berarti tidak makan sama sekali, namun makan lebih sering sekitar 5-6 kali sehari namun dalam porsi kecil. Namun makanan yang dikonsumsi tetap menu diet sehat rendah lemak dan tinggi protein.

4. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Meskipun sedang diet, namun Anda tetap membutuhkan lemak dan karbohidrat. Namun lemak yang dipilih adalah lemak baik yang bisa Anda dapatkan dari alpukat, salmon, minyak zaitun dan lainnya untuk membantu transportasi nutrisi ke seluruh jaringan tubuh.

Sedangkan untuk karbohidrat, Anda bisa mendapatkannya dari dari makanan ber-GI (Glikemik Indeks) rendah seperti ubi, oatmeal, gandum dan lainnya sebagai sumber energi saat beraktivitas.

5. Salad Sayuran untuk Makan Siang

Saat makan siang, Anda bisa mencoba salad yang tetap membuat Anda tetap terhidrasi. Sayuran yang mengandung serat dapat memperlancar sistem pencernaan dan membuang racun-racun lewat kotoran.

6. Tetap Makan Malam

Tubuh tetap membutuhkan protein saat tidur untuk memaksimalkan pertumbuhan. Hal penting yang harus Anda kurangi adalah menu makanan berkarbohidrat. Anda bisa memasaknya sendiri seperti dada ayam tanpa kulit yang dipanggang, merebus kentang, masak nasi merah dan tumis sayuran.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Minumlah air putih minimal 8-10 gelas setiap hari yang dapat melancarkan metabolisme tubuh dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

8. Buah dan Sayur

Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung serat tinggi untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner. Konsumsilah minimal 5 porsi buah dan sayur sehari dan variasikan jenisnya setiap hari.

9. Hindari Menu Makanan Pemicu Kegemukan

Kurangi konsumsi garam, hindari camilan seperti keripik dan snack. Hindari juga minuman bersoda, alcohol, atau yang mengandung kafein yang berlebihan.

10. Tetap Berolahraga

Diet dapat memberikan hasil yang maksimal jika Anda mengkombinasikan dengan olahraga selama 60-90 menit, 3-4 kali seminggu. Anda bisa melakukan jogging, jalan kaki, bersepeda untuk membakar lemak tubuh.

Cukup mudah bukan? Sebaiknya segera coba program diet sehat mulai dari sekarang dan pasang target yang masuk akal.

Sumber : caratipsdietsehat.com

TAHUKAH ANDA. Menangis Itu Ternyata Baik Untuk Kesehatan

BATAM.TRIBUNNEWS.COM – Ketimbang menjadi canggung atau menunjukkan wajah aneh karena menahan tangis, melepaskan tangis ternyata dinilai penting untuk membuat seseorang merasa lebih baik ketika sedih ataupun bahagia, kata Jodi De Luca, Ph.D., seorang psikolog klinis di Boulder, Colorado.

Bahkan, begitu menyadari efek positif yang ditimbulkan setelah menangis, beberapa hotel di Amerika telah menyediakan ruang khusus untuk menangis yang di-upload dalam akun Tumblr milik NYC Crying Guide.

Berikut beberapa manfaat positif yang bisa Anda rasakan setelah menangis:

Meningkatkan semangat

Sekitar 50 persen orang akhirnya merasa lebih bahagia setelah melewati sesi menangis, kata Ad Vingerhoets Ph.D., peneliti yang melakukan studi paling pertama tentang tangisan dari Tilburg University di Belanda.

“Menangis memicu otak untuk melepaskan hormon endorfin yang mampu meningkatkan suasana hati,” ujarnya.

Bila suasana hati membaik, maka seseorang dinilai bisa berpikir lebih jernih dalam menghadapi persoalan, sehingga akan lebih mudah menemukan solusi serta semangat untuk menyelesaikannya.

 

Pereda stres

Merasa lebih “ringan” setelah menangis? Menangis sangat mungkin merangsang sistem saraf pada otak yang bertugas dalam hal relaksasi dan pemulihan, kata Vingerhoets.

Oksitosin, hormon alami tubuh yang bertugas mengurangi kecemasan serta kelelahan juga melonjak produksinya setelah menangis.

Menariknya, oksitosin yang disebut juga dengan “hormon kedekatan”, bisa membuat Anda merasa lebih dekat dengan siapa pun yang menawarkan bahunya saat Anda menangis.

Dukungan tambahan

Manusia purba menggunakan air mata untuk memberitahu pada sesamanya kalau mereka dalam kesulitan, sehingga membuat orang lain ingin membantu mereka. Cara tersebut ternyata masih berlaku sampai saat ini.

Bahkan, studi menemukan, orang akan merasa lebih empati ketika melihat foto wajah orang yang mengeluarkan air mata ketimbang melihat wajah yang sama namun air matanya sudah dihapus secara digital

TAHUKAH KAMU BAHAYA MAKAN DAN MINUM SAMBIL BERDIRI?

Vemale.com – Masih ingat tidak saat kecil kita sering dinasehati untuk makan dan minum dengan sopan? Salah satunya adalah makan dan minum sambil duduk.

Ternyata selain berkaitan dengan etika dan tata krama, makan dan minum sambil berdiri memang tidak disarankan. Ada bahaya yang mengintai kesehatan bila kita terbiasa makan atau minum sambil berdiri.

Dilansir dari Shvoong, Dr. Abdurrazzaq Al-Kailani, menjelaskan bahwa makan dan minum sambil duduk itu lebih sopan, aman dan menyehatkan bagi pencernaan. “Karena apa yang diminum atau dimakan seseorang sambil berdiri, menyebabkan makanan atau minuman itu langsung jatuh ke usus. Bila terjadi berulang kali, bisa menyebabkan disfungsi pencernaan.”

Memang ada kondisi di mana kita tidak bisa makan sambil duduk, terutama saat menghadiri standing party di mana hampir tidak ada tempat untuk duduk. Namun sebisa mungkin kita mencari tempat untuk duduk karena hal ini lebih menyehatkan.

Ketika kita makan atau minum sambil duduk, cairan atau makanan yang kita telan, disaring terlebih dahulu oleh sfringer yang bisa terbuka atau tertutup sesuai dengan jalurnya. Bila kita minum sambil berdiri, cairan akan langsung menuju kandung kemih tanpa adanya penyaringan.

Selain penyerapan cairan jadi tak maksimal, kebiasaan ini bisa menyebabkan masalah di ginjal. Nah, nggak mau kan sakit cuma gara-gara kebiasaan makan dan minum yang kurang baik? So, coba deh mulai sekarang biasakan makan dan minum sambil duduk saja. Selain lebih santai, makanan dan minuman terserap lebih nikmat serta sehat.

TAHUKAH KAMU CINTA MEMBUAT OTAK MENJADI MENGECIL?

Siapa yang tidak tahu tentang cinta? penulis yakin semua pernah merasakan cinta. Cinta merupakan kebutuhan dasar manusia, cinta selalu dibutuhkan setiap orang dan dapat membahagiakan hidup seseorang. Namun, apakah kita tahu bahwa cinta ternyata membuat otak kita mengecil? Kok begitu..!! Seorang Ilmuwan Jerman, bernama Jennifer Berman mengatakan ketika seseorang sedang jatuh cinta, maka orang tersebut akan “buta” tentang segala hal.

Cinta yang bergejolak atau cinta yang terlalu besar, dapat menghalangi kemampuan manusia untuk berpikir objektif, menghalangi perkembangan daya imajinasi serta memori, dan menutup semua ide-ide yang ada di pikirannya. Gerakan gelombang yang berada di otak kanan juga menjadi tidak terarah dan sulit dipahami. Dengan itu, cinta menjadikan volume otak mengecil.

 

Cinta juga dapat membuat hati seseorang menjadi risau, cemas, takut, hingga menghilangkan nalar untuk berpikir positif karena tekanan. Semakin besar cinta yang dirasakan, maka semakin banyak pula sel-sel otak yang rusak dan otomatis akan mengganggu sistem sinyal yang ada di otak. Hal tersebut tentu sangat buruk bagi semua orang. (Sumber : Intisari Online)

 

Gangguan mental yang terfokus pada tugas kognitif, yaitu perasaan khawatir ditinggal oleh pasangan, dihianati cintanya dan lainnya hanya akan mengurangi sumber daya atau energi untuk memroses informasi yang lain. Hal ini pun kemudian akan menimbulkan perubahan sikap pada seseorang, misalnya menjadi sering melamun, bengong, dan jadi pelupa. Lebih parah lagi dapat berpengaruh terhadap meningkatny asam pada lambung saat terjadi ketidakseimbngan mental tersebut.

 

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa jatuh cinta dapat mengubah tempramen seseorang dan ini tergantung bagian otak mana yang terkena. Tempramen ini pun terbagi dalam empat jenis, yaitu tempramen penakut, pemberani, pemurung, dan periang. Orang yang sedang jatuh cinta, bisa mendapati salah satunya atau bahkan kombinasi di antaranya.

 

Cinta dapat membuat beberapa perubahan pada lokus seruleus, yaitu struktur yang mengatur skresi (pengeluaran hasil sel secara aktif) otak untuk dua jenis bahan yang disebut katekolamin, yakni adrenalin dan noradrenalin. Kedua zat kimia ini pun menggerakan tubuh untuk menghadapi keadaan darurat.

 

Rangsangan katekolamin pun dapat menimbulkan ingatan-ingatan dengan kekuatan yang luar biasa. Perubahan sirkuit otak ini dianggap mendasari perubahan perilaku, misalnya rasa cemas, emosional, atau pun perasaan takut ditinggal pasangan.

 

Jika sekresi katekolamin tidak dikendalikan dengan baik, maka perubahan perilaku tersebut akan bersifat menetap. Itulah mengapa dikatakan bahwa cinta membuat otak kita mengecil. Sikapi perasan cinta kalian secara baik dan rasional, ya! (dr. Sintoso Pujianto dalam “Sehat itu enak dan perlu”. Penerbit: Penerbit Buku Kompas)

 

Dari penjelasan di atas, memang tidak menyarankan untuk tidak jatuh cinta. Tetapi adakalanya bahwa sesuatu yang sifatnya berlebiahan itu tidak baik

 

 

 

Sumber: Intisari Online, dr. Sintoso Pujianto dalam “Sehat itu enak dan perlu”. Penerbit: Penerbit Buku Kompas

TIPS HEMAT ANAK KOSTAN

Kalau kamu tinggal terpisah dari orang tua, kelabakan di akhir bulan mungkin sering kamu rasakan. Uang bulanan dari orang tua sudah hampir habis aja. Keinginan untuk berhemat itu ada, tapi selalu gagal dipenuhi. Sebenarnya apa sih caranya supaya uang bulanan kita nggak habis sebelum waktunya?

Gagal berhemat juga bisa jadi karena cara kita untuk menghemat itu salah. Nah, kali ini Daily Tips For You  akan memberikan tips-tips yang tepat tentang bagaimana cara menghemat uang bulananmu. Check this out !

  1. Belanja Sesuai Kebutuhan

Seringnya saat sudah mendapat kiriman uang dari orang tua, kita langsung pergi ke supermarket untuk belanja bulanan. Tapi, tahu gak guys kalau kebiasaan itu justru akan membuatmu boros?

Saat belanja bulanan, kita seakan menganggap seluruh barang yang kita butuhkan habis dan kita perlu membeli persediaan baru. Padahal, sebenarnya persediaan kita masih cukup hingga pertengahan atau bahkan akhir bulan. Belum lagi, belanja di awal bulan juga memperbesar kemungkinan kita akan tergoda untuk beli barang-barang yang sebenarnya nggak kita perlukan, seperti camilan berbungkus-bungkus, minuman ringan berkaleng-kaleng, dan mie instan segala rasa.

Nah, mulai sekarang lebih baik berbelanjalah saat memang kita perlu membeli barang-barang tersebut. Alokasikan dana untuk memenuhi kebutuhan bulananmu dan perhatikan juga kuantitas kebutuhan tersebut supaya cukup untuk 1 bulan ke depan. Jangan laper mata liat belanjaan yang gapenting yaa gengs 🙂

  1. Jangan Malas Survei Harga di Tempat Makan

Kata siapa kalau hemat nggak boleh makan enak? Kamu tetap bisa, kok, makan enak dan mencoba cafe atau restoran terbaru di kotamu. Tapi dengan satu syarat: jangan malas untuk survei harga hihi

Kamu bisa survei dengan nge-stalk kuliner di internet atau instagram atau tanya temanmu yang pernah ke sana. Selain bisa atur budget makanmu, kamu juga bisa tahu review orang-orang tentang tempat makan tersebut. Jadi nggak nyesel deh makan di sana. Makan enak, hemat, dan tetap update dong.

  1. Tentukan Hari Untuk Ambil Uang Bulanan

Kalau kamu mengambil uang bulanan di ATM setiap kali diperlukan, yuk pelan-pelan ubah kebiasaan ini. Kenapa? Karena setiap harinya pasti kamu perlu untuk menggunakan uang bulanan tersebut makan atau beli bensin pakai uang bulanan, ‘kan?.

Mengambil uang bulanan setiap akan makan atau beli bensin akan membuatmu boros karena penarikan uang yang tidak terkontrol. Nah, sebisa mungkin tentukan pada hari apa-apa saja kamu akan mengambil uang bulananmu. Pergunakan dengan baik uang tersebut sampai hari penegambilan berikutnya. Percaya, deh, ini akan buat kamu lebih hemat 🙂

  1. Cuci Baju Sendiri

Kedengarannya memang menghabiskan banyak waktu. Tapi, cuci baju sendiri adalah salah satu cara efektif untuk berhemat. Jika untuk laundry kamu menyediakan uang 100 ribu rupiah setiap bulannya, coba pikirkan jika uang itu kamu konversi jadi uang makan? Lumayan ‘kan untuk tambah-tambah budget makan di restoran terbaru?

Selain itu, anggap saja mencuci baju sebagai olahraga untuk tanganmu hihi

  1. Jalan Kaki ke Kampus

Tahu sendiri ‘kan harga bensin sekarang mahal? Belum lagi subsidinya yang (katanya) mau dikurangi. Kebayang harganya akan makin selangit.

Nah, jalan kaki ke kampus bisa jadi solusi untuk menghemat budget bensinmu. Nggak ada ruginya sama sekali, kok. Selain hemat dan sehat, kamu bisa sekalian ‘cuci mata’ deh sepanjang perjalanan hihi 🙂

  1. Manfaatkan WiFi Gratis dan irit kuota

Di era globalisasi ini yang sangat keras dan kesannya tanpa internet itu ga gawl. Memanfaatkan fasilitas yang ada seperti WiFi itu adalah salah satu cara menghemat kuota pastinya. Dengan cara mengaktifkan WiFi selalu agar nanti saat ada Free WiFi akan langsung terhubung pada ponsel anda.

Sekarang sudah banyak sekali paket kuota internet yang dijual dengan harga murah dan kuota yang nggak main-main banyaknya. Dengan 48 ribu rupiah, kita bisa mendapat kuota 8 GB, yang dalam kondisi wajar, akan habis dalam waktu 1 bulan. Namun, sering juga kuota yang dipakai itu habis sebelum waktunya, bener ga gengs ? Nah, maka dari itu tips nya adalah gunakan kuota itu seperlunya. Matikan Data Seluler saat tidak digunakan okeeyy ?

  1. Jangan Malu Beli Barang Bekas

Malu kalau ketahuan beli barang bekas? Sudah bukan zamannya! Sekarang sudah banyak toko yang menjual barang bekas dengan kualitas dan perawatan yang sangat baik. Barang yang dijual pun macam-macam. Ada baju, sepatu, aksesoris, buku, tas, hingga perlengkapan kost seperti rak dan lemari. Pokoknya ini tempat yang tepat deh buat kamu cari barang kebutuhan dengan harga murah dan kualitas oke.

Nggak perlu malu lagi kalau beli barang bekas. Selama kualitasnya masih oke, seharusnya kamu bangga karena bisa menemukan barang dengan harga super murah hihi

  1. Puasa

Berpuasa sudah jelas akan membantumu dalam berhemat karena mengurangi 1 jatah makanmu setiap harinya. Sudah hemat, dapat pahala pula. Tapi ingat: niatnya jangan hanya untuk menghemat, yaa hihi. Tetapkan niat utama untuk berpuasa sunah atau mengganti puasamu di bulan Ramadhan. Soal menjadi hemat, itu keuntungan tambahan.

Rutinlah berpuasa setiap hari Senin dan Kamis. Itu sudah cukup membantu, kok 🙂

  1. Jadilah Lebih Produktif

Pernah sadar nggak kalau semakin banyak waktu luang yang kamu punya, kamu jadi semakin boros? Ini karena biasanya kegiatan yang kamu lakukan untuk mengisi waktu luang tersebut membutuhkan banyak uang, seperti nonton di bioskop, makan, ke warnet, atau main game.

Coba deh memperbanyak kegiatan di luar kuliah. Kamu bisa ikut organisasi di kampus, ikut kepanitiaan acara, atau kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang ada di kotamu. Selain menghemat uangmu dari kegiatan yang boros, kamu juga bisa memperluas pengalaman dan lingkaran pertemananmu.

  1. Menabung

Memang sulit dan mungkin rasanya sangat gatal jika melihat uang kamu berlebih, bener gak ? Tapi, kalo dipikir-pikir dengan kita menabung dari uang yang lebih itu lama-lama jadi bukit loh gengs. Coba deh sedikit-sedikit menabung yuk.

Atau ganti motivasi kamu untuk menabung itu yaa karna kamu ingin membeli barang baru. Gampang ‘kan ?

 

Yapss cukup sekian gengs tips-tips menghemat. Harus inget kata-kata pepatah loh yaa “Rajin Pangkal Pandai, Hemat Pangkal Kaya”. Ayooo menghemat gengs 😉

First blog post

Hi there!

Di blog kami ini akan ada banyak tips yang dibutuhkan sehari-hari dan fakta-fakta menarik yang belum pernah kalian denger loohh.. Pantengin terus blog kita ini yaa 😉 Jangan sampai ketinggalan informasi menarik dari kita.

Jangan lupa kometar buat blog ini jadi lebih baik lagi 😉

Hi There! In this blog you’ll find some tips and facts in our daily life. Hope you find this blog meaningful and full of information. But we still need your help to make this blog as good as you guys want. Leave a comment for some advice 😉

Thanks for your visit 😉